Diskusi
Kelompok
“Media
Perpustakaan dan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar”
Moderator : Ichsan Mubaedi (10411016)
Notulen : Galih Latiano (10411011)
Pemakalah : Hamsah Ahmad Zaky (10411018)
Chandra Wicaksana (10411014)
Anggota : Irfan Yanuar Arifin (10411003)
Anggi Jatmiko (10411033)
Ahmad
Syauqi Nur (10411029)
Dani Ismantoko (10411036)
Satria Karimul Qolbi (10411034)
Anas Arrosyid (10411020)
Moh. Wifaqul Idaini (10411009)
Hasil Diskusi :
1.
Irvan Yanuar Arifin
- Lingkungan
seperti apa yang cocok dijadikan sebagai media pembelajaran?
-
Semua
lingkungan cocok selama mendukung materi yang sedang diajarkan serta sesuai
dengan SK dan KD serta tujuan yang hendak dicapai.
- Jelaskan peran
perpustakaan dalam pembelajaran?
-
Perpustakaan
merupakan upaya untuk memelihara dan meningkattkan efisiensi dan efektifitas
proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan
sisitematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan
bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada.
Hal ini, trekait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan
metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah
penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan
2.
Galih Latiano
- Apa saja yang
perlu direncanakan dalam pembuatan perpustakaan yang baik di sekolah?
-
Perencanaan
yang baik dalam pembuatan perpustakaan di sekolah adalah dengan memperhatikan
ketersediaan sumber daya yang ada di lingkungan sekolah serta menyediak
buku-buku yang diperlukan serta system manajemen yang baik.
3.
Satria Karimul Qolbi
- Menurut Anda
bagaimana perbedaan antara pengaruh lingkungan di desa dan kota?
- Jika dilihat
secara kasat mata makan siswa di kota lebih baik dalam menerima informasi untuk
belajar karena ketersediaan akses yang cepat. Namun demikian pada dasarnya
bukan itu yang terlalu berpengaruh karena yang paling berpengaruh adalah
semangat dalam diri siswa untuk belajar, jadi siswa desa juga tidak akan kalah
dari siswa kota.
4.
Anas Arrosyid
- Bagaimana cara
memaksimalkan kegiatan “karya wisata” untuk pembelajaran?
-
Yaitu dengan
pendampingan dari masing-masing guru terhadap siswa serta dalam karya wisata
siswa diberi tugas untuk melakukan observasi dan tentu hal tersebut disertai
dengan pengawasan dari guru pembina.
5.
Anggi Jatmiko
- Bagaimana cara
menumbuhkan minat baca siswa!
-
Adapun tujuan dengan adanya Laboratorium Agama bagi siswa maupun mahasiswa
yaitu:
1. Menyediakan
Perpustakaan yang Dikelola dengan Baik
2. Mempromosikan
Gerakan Gemar Membaca di Lingkungan Sekolah
3. Memberikan
Penghargaan (Hadiah) untuk siswa yang Rajin Membaca
6.
Dani Ismantoko
- Sebutkan tujuan
perpustakaan bagi siswa atau mahasiswa?
-
Adapun tujuan dengan adanya Laboratorium Agama bagi siswa maupun mahasiswa
yaitu:
1. Menyediakan
Perpustakaan yang Dikelola dengan Baik
2. Mempromosikan
Gerakan Gemar Membaca di Lingkungan Sekolah
3. Memberikan
Penghargaan (Hadiah) untuk siswa yang Rajin Membaca
7.
Moh. Wifaqul Idaini
- Bagaimana
Standar Minimal perpustakaan yang baik!
-
untuk bisa
menciptakan sebuah perpustakaan sekolah yang baik maka dalam susunan organisasi
sekolah perpustakaan harus berada langsung dibawah kepala sekolah. Hal ini
dimaksudkan agar setiap ide kreatif dari kepala perpustakaan mengenai
perpustakaan bisa langsung sampai ke kepala sekolah, dan kebijakan kepala
sekolah mengenai perpustakaan bisa langsung sampai ke kepala perpustakaan.
8.
Ichsan Mubaedi (10411014)
- Bagaimana cara
memaksimalkan fasilitas yang ada untuk proses pembelajaran bagi sekolah yang
serba terbatas dari segi SDM maupun SDA!
- Kita bias mencontoh film “lascar pelangi” di mana guru dan siswa tidak
terbatasi oleh keadaan. Selama ada kemauan dan semangat serta doa pasti kita
bisa memaksimalkan potensi yang kita miliki serta untuk media kita bisa belajar
di lingkungan alam bebas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar